June 1, 2011

Memilih Baju Wanita Sesuai Bentuk Tubuh

Agar terlihat modis seorang wanita tidak harus selalu menggunakan pakaian-pakaian bermerek yang mahal. The right fashion sense adalah sesuatu yang dibangun dalam diri masing-masing individu. Memilih baju wanita yang sesuai dengan bentuk tubuh, memang gampang-gampang sulit.
Tak jarang banyak wanita yang membeli dan memilih baju yang benar-benar tidak sesuai dengan kepribadian dan bentuk tubuh mereka. Tidak perduli apakah baju tersebut mengikuti tren atau tidak, pastikan selalu baju yang Anda gunakan akan meningkatkan features dan silhouttes yang menampilkan bagian positif dari tubuh Anda.
Berikut beberapa tips dalam memilih baju yang sesuai dengan bentuk tubuh Anda:

1. The Hourglass Shape
Tubuh yang menyerupai jam pasir dianggap sebagai bentuk tubuh yang ideal dan sempurna. Anda memiliki tubuh yang proposional, indah, dan seimbang. Pinggul dan bahu Anda memiliki lebar yang sama, dengan bagian pinggang yang langsing. Wanita dengan tipe ini, jarang sekali menemui kendala dalam memilih baju yang sesuai dengannya. Karena hampir semua jenis dan trend fashion pakaian yang ada, dapat digunakan dengan sempurna. Untuk menekankan lekuk tubuh Anda terutama bagian pinggang, gunakanlah pakaian yang bahannya lembut, dapat menempel dengan pas di tubuh, serta dapat memperlihatkan bentuk pinggang Anda. Karena tubuh gitar memiliki ukuran pinggang lebih kecil, sebaiknya tarik perhatian ke arah pinggang dengan memakai busana yang banyak detail pada pinggang atau dengan mengenakan ikat pinggang besar yang berkesan kilau, supaya tubuh tidak telihat berlekuk. Kenakan busana bergaya tailor seperti blazer dengan motif garis vertical, untuk menetralisir lekuk tubuh yang terlalu drastis, hindari motif busana yang besar.
Hindari mengenakan rok yang mempunyai detail dan lipit pada bagian pinggul, karena hanya akan membuat tubuh bawah terlihat lebih besar. Mencoba rok seperti rok bentuk pensil dengan belahan samping akan terlihat bagus untuk tubuh hourglass shape. Anda dapat bereksperimen dengan motif dan warna.
Anda bisa memilih model high waist jika perut menonjol, dan low waist jika perut agak rata dan ingin menonjolkan pinggang. Jeans model boot cut atau berpipa lurus juga bisa Anda gunakan.
Anda bebas memilih berbagai potongan gaun karena bentuk tubuh Anda yang cukup ideal. Tetapi jangan sampai salah memilih motif atau warna, pilihlah yang sesuai dengan warna kulit Anda.

2. The Apple Shape
Wanita yang termasuk dalam kategori ini biasanya memiliki bagian dada dan pinggul yang besar. Pakaian yang cocok untuk Anda adalah pakaian yang dapat menciptakan tampilan yang seimbang dalam hal proporsi. Wanita yang memiliki bentuk tubuh seperti apel bisa mengenakan atasan seperti tunik dengan leher berbentuk V dan dengan corak vertikal. Hindari menggunakan jaket bergaya tailor karena akan membuat tubuh bagian atas terlihat lebih besar. Mengenakan jaket ketat akan memberikan sentuhan smart dan professional. Bagi Karena biasanya wanita dengan tipe ini memiliki kaki yang ramping, Anda dapat menggunakan rok selutut dengan atasan yang formal.
Bentuk rok drapery atau rok tumpuk pada pinggul akan membuat bentuk pinggul lebih bervolume sehingga menonjolkan lekuk pinggang. Rok lipat cocok untuk wanita yang memiliki bentuk tubuh apel. Hindari rok pensil karena akan membuat tubuh bagian tengah dan bawah terlihat besar. Usahakan mengenakan rok dengan warna lebih terang dibanding blus atau kemeja
Jangan memilih celana panjang atau jeans yang penuh detil karena akan membuat Anda makin terlihat "penuh". Pilihlah celana dengan potongan sederhana yang berbentuk slim atau boot cut.
Anda yang senang menggunakan gaun, gunakanalah gaun yang berdesain A-line. Pilihlah gaun yang memiliki detail unik di bagian garis leher. Hal itu akan membuat perhatian tertuju ke leher bukan ke daerah perut ke bawah. Selain itu, hindari bahan yang mengkilap di tubuh bagian atas.

3. The Rectangle Shape
Wanita dengan bentuk tubuh persegi panjang/ boyish biasanya memiliki figur atletik. Wanita dengan tipe ini biasanya tidak memiliki masalah dengan berat badan, sehingga mereka juga jarang bermasalah dalam hal memilih baju. Anda mungkin terlihat lebih menarik dengan blus kerut-kerut, gaun dan rok. Desain dengan pola yang mencolok akan membantu Anda dalam menyamarkan bentuk tubuh Anda yang berbentuk persegi panjang, sehingga terlihat lebih berbentuk.
Rok layer dengan bernuansa floral cocok untuk wanita bertubuh atletis. Coba juga menggunakan rok yang penuh detail dengan permainan warna.
Bentuk tubuh ini aman menggunakan jeans dengan potongan apapun. Mulai dari boot cut, pipa, hingga skinny jeans.
Bentuk tubuh ini aman menggunakan berbagai jenis gaun. Mulai dari yang memiliki banyak ruffle dan juga yang simpel. Pilihlah potongan gaun yang menonjolkan sisi feminin dan membuat Anda tampil lebih seksi.

4. The Pear Shape
Wanita dengan tipe ini biasanya memiliki pinggul yang besar dan bahu yang sempit. Karenanya, Anda dapat memilih pakaian dengan garis vertikal. Warna gelap dapat digunakan sebagai bawahan dan warna lembut sebagai atasannya. Anda dapat menggunakan V-necks dan rok yang panjang. Rok lurus akan membantu pinggul Anda agar terlihat lebih langsing. Menggunakan gaun dan jaket yang menutupi pinggul merupakan pilihan yang ideal.
Pilihlah rok yang mengecil dibagian bawah dan yang berwarna gelap. Hal itu bisa menutupi tubuh bagian bawah. Hindari rok ruffle yang melebar dibagian bawah.
Pilihlah celana panjang atau jeans yang berwarna gelap. Lalu untuk potongan pilihlah yang melebar di bagian bawah atau lebih dikenal dengan "boot cut"
Untuk bentuk tubuh pear jangan menggunakan "shift dres". Gaun tersebut akan membuat tubuh bagian bawah Anda akan terlihat jelas. Pilihlah gaun yang penuh dengan detail di bagian atas agar fokus penglihatan hanya di bagian tubuh atas.

5. The Petite Shape
Wanita dengan tipe ini memiliki bentuk tubuh yang mungil. Anda dapat menggunakan kemeja dengan garis-garis vertikal agar terlihat lebih tinggi. Leher yang berbentuk V dan U cocok untuk Anda. Hindari menggunakan rok pendek, karena rok pendek lebih cocok dengan wanita yang tinggi. Lebih baik menggunakan rok yang selutut atau celana dengan straight legs.

No comments:

Post a Comment