August 18, 2011

Cara Merias Wajah (Make Up)


1. Bersihkan wajah dari segala kotoran dan sisa-sisa make up dengan cairan pembersih wajah.Untuk dasar make up,gunakan pelembab wajah.Selain untuk menjaga kelembapan kulit wajah,pelembap dpt membantu make-up menempel sempurna pada wajah.
2. Corrective Make Up Base
Kegunaan foundation ini sebenarnya utk menutupi kekurangan yang ada pada wajah Anda,seperti kusam,bekas jerawat & flek.
3. Foundation
Ada 2 jenis foundation,yaitu liquid (cair) & stick foundation (padat). Liquid sesuai untuk anda yang berkulit berminyak. Untuk pemakaian yang lebih berat & menutup sempurna,anda bisa mencoba jenis stick foundation.
4. Bedak
Ada dua jenis bedak,yaitu bedak padat (compact powder) dan bedak tabur loose powder).Untuk hasil akhir yang maksimal,kombinasikan keduanya, awali dengan bedak tabur lebih dahulu, lalu sempurnakan dengan bedak padat.
5. Eyeshadow
Buat anda yang berkulit gelap,tidak perlu takut untuk mencoba bermain warna. Awali dengan membubuhkan krim pelembap mata sebelum membubuhkan eye shadow agar warnanya dapat menempel dengan sempurna. & bagi Anda yang berkulit sawo matang atau gelap jangan ragu-ragu untuk memakai warna lain selain warna coklat/peach yang lembut atau warna salem yang menyenangkan.
6. Maskara dan Menebalkan Alis
Sebelum anda memakai maskara,lentikkan bulu mata dgn penjepit bulu mata,lalu sisir dgn sikat maskara.
7. Blush On (Pemerah pipi)
Jika ingin terlihat lebih tirus, bubuhkan blush on berwarna gelam dibagian bawah tulang pipi. Sedangkan jika ingin terlihat lebih chubby, gunakan blush on berwarna terang diatas tulang pipi.
8. Lipstik
Gunakan kuas lipstik (lip brush) agar warna yang muncul terlihat merata. Andapun bisa membentuk bibir anda sesuai keinginan.Awali dengan pemakaian lip balm agar lipstik tidak menggumpal.


1. Pelembab


Urutan bermake-up Facial mist spray atau semprotan penyegar wajah mempunyai banyak manfaat bagi wajah. Facial mist spray memiliki banyak kandungan seperti tabir surya, antioksidan, ganggang laut, lidah buaya, pelembab, air, dan mineral yang dapat memberikan nutrisi dan perlindungan bagi kulit. Sebelum make-up, facial mist spray membantu mempertahankan kelembaban kulit. Sedangkan bila setelah ber-make-up gunanya untuk mengatasi make-up yang terasa kaku atau wajah terasa kering.
Facial mist spray dikemas dalam bentuk botol yang mudah dibawa dan dimanapun dapat dipakai untuk menjaga agar kulit tetap segar. Tetapi tidak baik juga terlalu sering menyemprotkan facial mist spray karena air dari facial mist spray akan menguap sehingga membuat kulit menjadi lebih kering. Penggunaan cukup sebelum atau setelah ber-make-up. Maksimal 3 kali sehari.

Tips pengaplikasian di wajah adalah dengan menyemprotkan facial mist spray pada wajah, tepuk-tepuk air tersebut hingga meresap di wajah. Dan bila ingin mendapat manfaat aroma terapi, setelah disemprotkan segera lap wajah dengan memakai tisu supaya wajah tidak lebih kering lagi.
Bila ingin make-up terlihat awet, dapat menggunakan facial mist spray pada spons bedak yang digunakan. Tujuannya agar bedak tahan lama di wajah dan wajah akan terasa lebih halus.
Setiap wanita memiliki jenis kulit wajah yang berbeda. Untuk itu harus pintar dalam memilih facial mist spray yang cocok untuk jenis kulit masing-masing, karena tidak semua bahan aktif yang ada pada facial mist spray dapat diserap kulit.


2. Foundation atau alas bedak merupakan salah satu item penting yang menunjang kesempurnaan hasil tata rias anda, beberapa fungsinya antara lain mempertahankan kemilau tata rias, menutup ketidak sempurnaan kulit wajah anda, dan beberapa sudah mengandung dari efek negatif sinar matahari. Namun tak banyak yang tau beberapa jenis foundation yang dapat kita pilih, ada yang berbentuk cair, padat, stik, maupun cream.

Cara memilih yang tepat:
• Pastikan tipe dari kulit wajah anda dan sesuaikan dengan jenis foundation yang anda pilih, biasanya untuk kulit cenderung berminyak pilihan lebih kepada fondation cair, dan kulit cenderung kering lebih cocok dengan foundation padat atau cream.
• Anda wajib mencoba warna sebelum membeli, dan pilihan warna tergantung dari selera anda yang ingin tampil lebih natural dengan warna kulit atau ingin mendapatkan hasil lebih cerah dengan warna yang lebih muda dari kulit wajah. Untuk menemukan warna foundation yang sesuai dengan warna kulit, jangan sekali-kali dicoba di punggung tangan tapi dicobakan di kulit leher atau langsung dipakai di wajah (pipi) lalu diratakan. Apabila warna yang didapatkan terlihat alami, maka itulah warna foundation yang pas. Apabila belum menemukan warna foundation yang pas, bisa juga dengan cara mencampurkan foundation yang warnanya satu tingkat lebih terang dan satu tingkat lebih gelap dari warna kulit.
• Hal terakhir yang perlu anda cermati cobalah berdiri dekat pintu atau sisi ruangan yang memiliki pencahayaan natural. Hal ini berguna untuk melihat apakah warna foundation telah menyatu dengan kulit dengan sempurna.

3. Bedak
a. Compact Powder
Dinamakan compact powder, karena Anda bisa selalu membawa dan menggunakannya di manapun. Bentuknya biasanya padat, berukuran kecil dan dilengkapi spons serta kaca sehingga lebih praktis digunakan.
Namun bedak padat biasanya lebih banyak mengandung minyak dan pelembab, sehingga kurang cocok untuk jenis kulit berminyak. Jika tetap ingin menggunakan compact powder karena kepraktisannya, maka Anda bisa pilih yang berformula ‘oil-free’ dan punya kemampuan menyerap kelebihan minyak diwajah. Untuk warna, sebaiknya pilih yang satu tingkat lebih terang dari tone kulit Anda. Kekurangan: Bila dipulas berulang-ulang akan membuat wajah terlihat seperti memakai topeng. Sebaiknya pulaskan tipis-tipis saja.

b. Two-way Cake
Jenis bedak ini juga padat, tapi lebih praktis lagi dari compact powder karena sudah dilengkapi foundation. Penggunaannya juga bisa dengan spons basah atau kering. Bedak ini cukup tahan lama dipakai seharian sehingga Anda tidak perlu selalu touch-up. Namun karena formulanya cenderung berat dan berminyak, sehingga tidak disarankan untuk digunakan pada kulit sangat berminyak atau berjerawat karena berpotensi menyumbat pori.
Kekurangan: Warna-warnanya sangat terbatas dan tidak mampu menutupi flek hitam di wajah sehingga wajah tidak terlihat sempurna. Masa pemakaian 1 tahun.

c. Loose Powder
Loose Powder, atau bedak tabur merupakan jenis bedak yang paling fleksibel. Bisa dikenakan untuk kulit normal, kombinasi, berminyak maupun kering. Bedak tabur menyatu di kulit dengan mudah dan mencerahkan wajah namun tetap terlihat alami. Jenis bedak ini juga bisa digunakan bersama foundation atau sendiri. Umumnya, bedak tabur digunakan sebagai finishing touch setelah pengaplikasian untuk menghilangkan kilap dan membuat efek wajah lebih halus.
Kekurangannya, bedak tabur biasanya dikemas dalam pot berukuran besar sehingga agak sulit untuk dibawa berpergian. Saat digunakan, serbuknya bisa menodai baju sehingga Anda perlu kain pelapis untuk menutupi. Maksimal penggunaan 2 tahun.

d. Shimmering Powder
Bentuknya bubuk, berwarna, dan ber-glitter. Digunakan sebagai sentuhan akhir selesai berhias. Bedak jenis ini bisa dipulaskan di punggung, leher, lengan jika Anda memakai pakaian terbuka.
Kelebihan: Wajah dan tubuh tampak berkilau dan bercahaya. Tersedia dalam aneka warna, dapat disesuaikan dengan tema tata rias.
Kekurangan: Hanya bisa dipakai pada acara-acara khusus. Penggunaan maksimal 15 bulan.

e. Meteorite Powder
Bentuknya bulat kecil berwarna-warni. Digunakan setelah bermake-up sebagai sentuhan akhir. Dipakai dengan memakai kuas besar, bukan dengan spons. Sapukan keseluruh wajah.
Kelebihan: Wajah terlihat lebih bercahaya dan segar.
Kekurangan: Harganya sangat mahal, karena belum banyak produsen yang mengeluarkan produk seperti ini.


Kenali jenis kulit wajah dan sesuaikan dengan bedak
Untuk kulit Asia, baik yang kuning atau sawo matang. Umumnya bedak dengan nuansa warna kuning maupun kecoklatan lebih sesuai dibanding dengan bedak warna pink maupun putih pucat. Untuk kulit berminyak, gunakan bedak yang mengandung bahan penyerap minyak. Untuk kulit kering, gunakan mouisturizer sebelumnya untuk menghindari menggumpalnya bedap pada garis-garis wajah. Sedangkan untuk kulit normal, gunakan bedak yang mengandung pelembab.

Uji coba bedak
Cobalah bedak pada bagian tengah antara leher dan wajah. Jika tidak memungkinkan, cobalah di bagian dalam pergelangan tangan karena warna dibagian tersebut paling dekat dengan warna kulit wajah. Dengan demikian, bisa diketahui mana bedak yang sesuai dengan warna kulitmu.

Gunakan bedak pertama kali
a. Langkah pertama agar bedak melekat sempurna, sudah pasti Anda harus minta bantuan pada foundation dan concealer. Setelalah dibubuhkan, lalu diamkan sebentar lebih kurang selama 1-2 menit agar meresap dan menyatu dengan tekstur kulit.
b. Bubuhkan bedak dengan fokus di daerah T pada wajah. Daerah dahi, hidung dan dagu biasanya adalah daerah yang paling aktif memproduksi minyak.
c. Bubuhkan bedak dan gunakan kuas berbulu tebal untuk membuang kelebihan dan sisa bedak, sehingga tampak halus dan merata. Untuk menghilangkan kelebihan/gumpalan bedak pada kulit, terutama pada sekitar garis rambut dan alis. Bersihkan bedak dengan gerakan memutar menuju arah bawah (arah dagu).
d. Membubuhkan bedak langsung menggunakan kuas boleh saja, tapi ingatlah untuk tetap membersihkan wajah dari sisa kelebihan bedak sesudahnya.
e. Gunakan bedak dibawah mata sebelum mulai merias mata, agar partikel-partikel rias mata (terutama eye-shadow) yang jatuh tertangkap oleh butiran bedak hingga mudah dibersihkan dan riasan tidak rusak
f. Yang jelas, gunakan bedak sebelum Anda mulai merias wajah, selain sebagai dasar, ini juga berfungsi agar rias tersebut tahan lama. Ingatlah bahwa rias wajah apapun, apalagi bedak, perlu waktu untuk diserap dan menyatu dengan kulit.
g. Tunggulah selama 1-2 menit setelah Anda mengaplikasikan bedak. Jika tampilan bedak tersebut terlalu tebal, sapukanlah kuas bulu tebal pada permukaan wajah lalu semprotkan sedikit facial spray maupun air mineral. Tepuk-tepuk dengan lembut menggunakan tisu.

Gunakan bedak sebelum eyeshadow
Gunakan bedak dibawah mata sebelum mulai merias mata, agar partikel-partikel rias mata (terutama eyeshadow) yang jatuh tertangkap oleh butiran bedak hingga mudah dibersihkan dan riasan tidak rusak.

4. Eyeshadow
Sebelum menyapukan kuas di kelopak mata, celupkan dulu kuas ke dalam sedikit air agar warna eyeshadow tampak lebih menonjol.
Konsisten dalam memilih kelompok warna. Sesuaikan warna eye shadow dengan warna lipstik dan blush on atau perona pipi. Ada 2 jenis kelompok warna. Yang pertama warna hangat seperti Hijau dan Kuning, bisa di padukan dengan warna lipstik peach, oranye atau warna kecokelatan. Yang kedua warna dingin seperti pink atau biru, bisa memilih warna lipstik dan blush on dengan warna pink.
Jika anda mau menggunakan lipstik berwarna merah menyala, pastikan untuk menggunakan warna eyeshadow yang lembut.
Dan sebaliknya, jika anda bermain dengan warna terang di mata, gunakan warna lipstik yang lembut dan tidak mencolok, jangan lupa gunakan jenis lipstik yang mengkilap (glossy)

5. Maskara dan Eyeliner
Maskara dan eyeliner adalah seperangkat peralatan make up yang biasa di gunakan untuk memperindah mata. Tapi kesalahan dalam penggunaannya akan membuat tata rias kita tampak buruk. Maka dari itu perhatikanlah cara pemakaiannya. Gunakan eyeliner sebelum kita menggunakan maskara.
Kita bisa menggunakan eyeliner cair yang tahan air untuk membentuk garis mata bagian atas, dan eyeliner berbentuk pensil untuk bagian mata bagian bawah. Eyeliner berfungsi untuk menguatkan efek keindahan mata Anda.Pilihlah warna eyeliner yang menyatu dengan warna eyeshadow Anda.
Pastikan Anda duduk rileks dengan siku menopang meja pada saat akan memakai eyeliner. Tarik garis pada garis kelopak mata dari bagian dalam mata ke ujung mata bagian luar. Sambil tarik ujung kelopak mata Anda agar kulit di area yang akan di beri garis eyeliner tegang sehingga mudah mengaplikasikannya.
Untuk bagian atas mata ini sebaiknya Anda gunakan eyeliner berbentuk cair yang waterproof agar lebih muda kering dan tidak cepat luntur.Gunakan sekali lagi dari bagian tengah mata dan pada bagian ujung buat garis mencuat untuk memberi kesan tajam mata Anda. Agar lebih mudah menggunakan eyeliner cair, kita buat dulu garis mata yang akan di beri eyeliner menggunakan pensil mata. Ujung kuas yang lancip akan memudahkan pemakaian eyeliner cair, untuk itu kita bentuk dulu ujung kuas dengan cara di potong lancip dan agak pendek. Sebelum berani menggunakan warna yang mencolok, warna coklat bisa menjadi pilihan untuk pemula.
Gunakan eyeliner pensil dengan cara menarik dari ujung kelopak mata bagian bawah.Untuk mata besar aplikasikan eyeliner cukup mulai dari kelopak mata bagian tengah dan apabila mata Anda kecil aplikasian eyeliner dari ujung dalam mata.
Untuk penggunaan eyeliner pensil, bukalah mulut Anda saat memakainya supaya otot-otot mata lemas, dan usap ujung pensil eyeliner dengan kapas agar bagian tersebut lebih lembut.

Banyak maskara yang beredar di pasaran. Ada maskara yang bisa bikin lentik, ada maskara yang bikin tebal, ada maskara yang akan memberikan efek bulu mata lebih panjang, ada maskara waterproof ada yang tidak.
Namun sebetulnya ada teknik yang efektif untuk memberikan efek pada bulu mata. Yaitu, pertama-tama gunakan maskara pelentik, ulaskan maskara waterproof atau tahan air, lanjutkan dengan maskara penebal. Maka bulu mata anda akan lentik dan tebal sepanjang hari.
a. Bersihkan dulu sisa sisa maskara yang menempel pada kuas maskara dengan menenggunakan handuk kering.
b. Pegang kuas pada posisi tegak lurus pada posisi maskara. Kemudian mulailah mengaplikasikan maskara berwarna putih mulai dari tempat tumbuh hingga ujung bulu mata, putar kuas pelan pelan.
c. Tahan kuas dan ujung bulu mata dengan menggunakan jari tangan selama beberapa detik ini akan menciptakan ujung bulu mata yang melengkung.
d. Segeralah memberi lapisan maskara kedua dengan warna hitam, sebelum lapisan pertama mengering dan menggumpal.
e. Sisirlah bulu mata dengan sisir khusus sebelum maskara mengering, hal ini untuk memisahkan bulu mata yang menyatu.
f. Sebagai sentuhan akhir, lakukan kegiatan di atas dengan menggunakan maskara hitam dari kedua sisi luar dan dalam

6. Blush On
Bagaimana memilih warna yang tepat? Sesuaikan dengan warna kulit.
a. Kulit pucat pilih warna cokelat, cokelat ke orange.
b. Kulit langsat pilih warna merah maroon dan terakota.
c. Kulit gelap bisa memilih warna merah bata dan tembaga.
Bila sulit menentukan warna blush on yang tepat, pilih saja yang warnanya sesuai dengan warna baju atau lipstik.
Bagaimana mengaplikasikannya?
a. Wajah Oval. Dapatkan rona segar di pipi dengan menyapukan kuas besar dari tengah pipi ke arah tulang pipi.
b. Wajah Lonjong/panjang. Sapukan perona pipi dari tulang pipi bawah ke arah telinga dan kembali ke tulang pipi atas.
c. Wajah Persegi. Fokuskan pada bagian tengah wajah mendekati hidung dan tulang pipi atas. Pakailah tipis-tipis saja.
d. Wajah Bulat. Agar terkesan lebih oval, sapukan perona dari arah anak rambut di atas telinga ke sepanjang tulang pipi.
e. Segitiga Terbalik. Bubuhi perona dari tulang pipi ke arah pelipis.

Tips:
- Biasakan merias wajah dengan urutan: pelembab, alas bedak, perona pipi, dan bedak tabur. Cara ini membuat perona pipi membaur rata, tahan lama, dan terlihat samar-samar.
- Tersenyumlah di depan kaca, lalu sapukan sedikit blush on pada area apel yang terbentuk di tulang pipi. Lalu, baurkan blush on mengikuti bentuk tulang pipi.
- Bila ingin blush on lebih tahan lama, aplikasikan blush on powder dan krim bersamaan. Cara ini juga membuat rona pipi tampak lebih bersinar.

7. Lipstick
Selain untuk mempercantik, lipstik berguna juga untuk menyegarkan wajah. Oleh karena itu, diciptakanlah beberapa warna yang sesuai dgn warna kulit. Jika kulit kita cenderung berwarna gelap, warna-warna lipstik yg cocok adalah cokelat, nude, oranye tua, dan merah marun. Sedangkan buat wajah yg cenderung lebih terang, semua warna lipstik dapat dipakai.

Cara Menggunakan Lipstik Yang Baik
a. Ketika menggunakan foundation, teruskan ke atas bibir, untuk menjadi dasar bagi lip liner dan lipstik.
b. Gambar garis bibir dengan pensil (lip liner) yang tajam dengan bibir dalam keadaan tertutup. Mulailah menggambar tadi tengah bibir bagian atas mengarah ke ujung bibir dengan cara membuat garis pendek berulang-ulang. Lalu ulangi untuk bibir bawah. Ikuti garis bibir anda. Gunakan pensil bibir di sekeliling garis bibirmu dan ikuti garis bibir yang ada. Jangan melebihi, hanya pertegas saja garis bibirnya. Hindari membuat garis bibir di luar garis bibir yang sudah ada. Sebab, jika lipstik luntur, akan kelihatan berantakan. Gunakan cotton bud untuk merapikan garis bibir, jangan menggunakan tangan agar tidak makin melebar.
c. Untuk membuat bibir terlihat lebih tebal, ikuti batas luar dari garis bibir, sementara untuk membuat bibir lebih tipis, ikuti bagian dalam dari garis bibir.
d. Oleskan lipstik menggunakan lip brush (sikat khusus lipstik). Gunakan lipglos dengan kuas dan di bagian tengah tengah bibirmu berikan lipgloss warna perak agar bibir terlihat penuh dan seksi. Pilih warna cerah dan menonjol. Tapi jangan menggunakan warna bibir yang gelap atau mette karena warna yang cerah akan membuat bibir tampak seksi. Gunakan listik mengikuti garis bibir, warna bibir yang mengkilap dan glossy akan membuat lebih indah.
e. Setelah selesai mengoleskan lipstik, dengan bibir dalam keadaan tertutup, taruh sehelai tissue di antara dua bibir untuk menghilangkan kelebihan lipstik

Apakah anda termasuk yang suka menggunakan lipstick untuk waktu yang lama? kalau benar ikuti tips ini supaya lipstick yang kita pakai tahan lama namun bibir tetap cantik dan sehat, yaitu:
a. Keringkan bibir dengan menggunakan tissue atau kain yang lembut dan bersih
b. Oleskan lipgloss atau pelembab bibir secara tipis dan merata, kemudian diamkan hingga kering ± 2-3 menit. Lipbalm yang kering. Lip balm yang kering adalah kunci untuk mempertahankan kelembaban bibir. Menyerap dengan lembut pada bibir anda dan menyerap warna dengan lebih baik.
c. Bentuk bibir dengan lip liner yang warnanya sesuai dengan warna lipstick yang akan digunakan.
d. Oleskan lipstick merata keseluruh bibir, jika perlu dapat digunakan kuas bibir. Pilih lipstik warna terang dengan pelembab yang tidak cepat kering dan tahan lama selama seharian penuh. Sentuhan terakhir agar warna bibir berkilau, gunakan lip gloss agar bibir terlihat basah dan mengkilap.
e. Ambil selembar tissue, kemudian katupkan bibir dengan tissue tesebut, diamkan ± 3 menit.
f. Ulangi point 4, diamkan ± 1 jam sebelum makan dan minum.
g. Cobalah tips-tips di atas supaya mendapatkan hasil yang diinginkan, tapi…..supaya bibir tetap sehat lipstick yang menempel dibibir tetap harus dibersihkan ± setelah 6 jam pemakaian sebelum menggunakan lipstick kembali.
h. Selain itu pilih lipstick sesuai dengan warna kulit kita.

Ada tips agar pemakaian lipstick berwarna cerah dan terang bisa tampil sempurna, diantaranya:
a. Cegah agar bibir tidak pecah-pecah dengan menggunakan exfoliating lip scrub. Karena pada saat menggunakan lipstik berwarna cerah, tekstur bibir akan cenderung lebih terlihat dengan jelas.
b. Setelah pemakaian lipstik lanjutkan dengan mengoleskan lipbalm agar bibir lebih lembab. Pakai lipbalm yang berwarna terang agar warna lipstik tidak berubah.
c. Agar pemakaian lipstik terlihat rapi gunakan lip liner sebelum memakai lipstik.
d. Pakai kuas lipstik untuk mengoleskan lipstik ke seluruh area bibir, karena mengoleskan lipstik langsung dari tabungnya akan membuat warna lipstik di bibir tidak rata dan menggumpal.
e. Jika memakai lipstik warna cerah, usahakan menggunakan eyeshadow atau riasan mata yang minimalis atau natural agar terlihat lebih cantik.
f. Pemakaian blush on juga sebaiknya memilih warna nude agar lebih elegan saat memakai lipstik berwarna cerah.


8. Alis
Salah satu bingkai dari wajah kita adalah alis. Makeup Anda secara keseluruhan menentukan riasan alis yang Anda perlukan.
Beberapa tips untuk membuat alis yang sempurna:
a. Merapikan rambut alis
Sikatlah alis terlebih dahulu sebelum anda mencukurnya atau mencabut agar alis tercukur dengan sempurna.
b. Bentuk Alis
Gunakanlah pensil eyeliner warna putih untuk menggambar sebelum kita mencabut alis
Setelah bentuk alis didapat kita bisa mencabutnya dengan hasil natural disarankan tidak menggundulinya pertahankan bentuk alis kita.
c. Menyempurnakannya dengan pensil alis
Gunakanlah pensil alis berwarna untuk membentuk ujung alis untuk mempertegas bentuk alis. Pilihlah warna coklat agar terkesan lebih natural dibanding pensil warna hitam. Perhatikan warna jangan sampai terlalu gelap atau terang. Alis mata yang akan terlihat cantik dimulai persis di atas ujung mata bagian dalam. Gambarlah alis miring ke atas lalu menurun. Titik paling tinggi gambar alis mata seharusnya berada tepat di atas bagian luar lingkaran hitam mata.

1 comment:

  1. terima kasihh
    Artikelnya sangat membantu untuk menjaga penampilan selalu canti..
    oya kalau aksesoris penunjang kecantikan seperti kaos kaki wanita yang cantik dimana ya kita bisa mendapatkannya...
    Slam sukses

    ReplyDelete