Knowledge

All (93) Astrology (2) Baby (25) Fashion (23) Finance (1) Folk Tales (4) Foods (8) Health (12) Kids (13) Knowledge (30) Motivation (6) Pregnancy (10) Travelling (1)

30 Maret 2012

Manfaat Rumput Laut (Seaweed) untuk Ibu Hamil

Rumput laut merupakan jenis alga atau ganggang yang tumbuh di laut. Di Indonesia yang merupakan daerah tropis, jenis ganggang yang dapat dibudidayakan adalah genggang merah (rhodophyceae), sedangkan di daerah non tropis seperti Jepang, ganggang yang dibudidayakan adalah ganggang coklat (phaeophyceae). Rumput laut di Indonesia dikenal dalam bentuk agar-agar mengandung manfaat yang sangat banyak.



Masyarakat yang tinggal di daerah pantai mengkonsumsi rumput laut dalam bentuk sayur, lalap, puding, atau cemilan. Rumput laut dapat dikonsumsi dalam bentuk langsung maupun olahan. Bentuk langsung biasanya sebagai campuran es buah, sop, atau sayur. Bentuk tidak langsung seperti bubuk agar-agar dan dietary fiber yang biasanya digunakan untuk makanan diet.



Beberapa manfaat rumput laut, khususnya untuk ibu hamil:
1. Kandungan seratnya tinggi tapi kalorinya rendah. Oleh karena itulah rumput laut cocok digunakan sebagai makanan diet. Untuk ibu hamil, serat pada rumput laut akan memudahkan proses buang air besar untuk yang sering mengalami sembelit.
2. Lemak yang terkandung dalam rumput laut tersusun dari asam lemak esensial omega 3 dan omega 6 yang sangat diperlukan untuk pembentukan jaringan pada janin, terutama untuk pembentukan otak, saraf, plasma darah, dan organ reproduksi.
3. Berbagai mineral dengan komposisi yang sangat baik dibutuhkan tubuh, antara lain magnesium, kalium, natrium, kalsium, iodium, klor, fosfor, sulfur, dan besi. Mineral ini sebagian besar diperlukan sebagai katalis dalam proses metabolisme dalam tubuh.
4. Rumput laut dapat berperan sebagai makanan anti gondok karena mengandung iodium.Gondok merupakan penyakit akibat pembesaran kelenjar tiroid yang  dapat berakibat fatal pada janin, yaitu dapat mengakibatkan keterbelakangan mental, difabel, dan terhambatnya pertumbuhan otak.
5. Asam alginat dalam rumput laut berfungsi untuk mengikat logam-logam berat dan radioaktif. Dengan lingkungan yang semakin terkontaminasi, kemungkinan besar tubuh dimasuki makanan yang mengandung logam berat dan radioaktif . Rumput laut berperan untuk menangkal zat-zat tersebut.

1 komentar:

  1. Rumput laut sama kaya omega 3 seperti ikan2 laut. tapi kalau bumil kurang suka dengan rasanya bisa coba nature epa saja

    BalasHapus