Knowledge

All (93) Astrology (2) Baby (25) Fashion (23) Finance (1) Folk Tales (4) Foods (8) Health (12) Kids (13) Knowledge (30) Motivation (6) Pregnancy (10) Travelling (1)

2 Mei 2011

Pertolongan Pertama jika Kita Terkena Serangan Jantung

Jangan kira bila berumur kurang dari 30, tidak mungkin terkena serangan jantung!!

Seseorang ketika jantungnya tidak dapat berdenyut secara normal serta merasa hampir pingsan, hanya mempunyai waktu kira-kira 10 detik, setelah itu ia akan hilang kesadaran dan pingsan. Jika sekitarnya tidak ada orang memberi pertolongan pertama, penderita harus memanfaatkan 10 detik yang singkat ini, usaha untuk menolong dirinya sendiri.

Harus bagaimana?

Jawabannya: jangan panik, usahakan berbatuk terus dengan sekuat tenaga. Setiap kali sebelum batuk, harus tarik nafas dalam-dalam, kemudian berbatuk dengan kuat-kuat, dalam-dalam, dan panjang-panjang, seperti hendak mengeluarkan dahak yang berada dalam dada.


Setiap selang 2 detik harus tarik nafas sekali dan berbatuk sekali sampai pertolongan tiba. Atau kalau merasa denyut jantung sudah normal, baru boleh beristirahat.

Tujuan tarik nafas: untuk memasukkan Oxygen ke dalam paru-paru.
Tujuan batuk: untuk menekan jantung, agar aliran darah bersikulasi. Menekan jantung juga dapat membantu denyut jantung kembali normal. Pertolongan cara ini maksudnya agar penderita mempunyai kesempatan untuk pergi ke Rumah Sakit.

(article published on No.240 of Journal of General Hospital Rochester)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar